PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda

Jl. Basuki Rahmat, Pelabuhan, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75112

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

Webmail    Kontak Kami    E-Panel

Kerja Sama PEMKOT dan KEJARI Dalam Penagihan Tunggakan Pajak Daerah

Kabar DPRD    3 minggu yang lalu   
Andi Rizky Putra Pratama    18 Kali

Sumber Foto: Yuna Fakhreza

SAMARINDA - Dalam penagihan tunggakan pajak daerah, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda kini secara resmi bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Samarinda. Hal ini disahkan dengan dilaksanakannya penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan langsung antara Wali Kota Samarinda bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Samarinda, Selasa (6/7/2021) siang di Gedung Balai Kota. Pada nota kesepahaman tersebut, Pemkot Samarinda akan memberikan surat kuasa khusus kepada Kejaksaan dalam hal mengeksekusi penagihan pajak daerah yang tertunggak dari para pelaku usaha.

Ketua Komisi II DPRD Kota Samarinda H. Fuad Fakhruddin, S.Pd.I ikut serta menyaksikan proses penandatanganan tersebut bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Dr. H. Sugeng Chairuddin.

Dalam pidato Wali Kota Samarinda, Dr. H. Andi Harun mengatakan bahwasanya kerja sama ini merupakan suatu bagian dari penyelamatan aset-aset pemerintah dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Oleh sebab itu sambung dia, sangat penting bagi Pemkot Samarinda untuk melakukan langkah sinergitas dengan penegak hukum dalam mengatasi tunggakan pajak, baik dari perorangan maupun perusahaan yang memiliki potensi dapat merugikan negara.

"Sebenarnya kesepakatan yang kita lakukan hari ini merupakan implementasi dari perjanjian yang pernah dilakukan oleh Wali Kota sebelumnya. Yang dimana perihal penyelamatan aset dan penerimaan PAD. Sehingga kami berpikir untuk segera menindaklanjuti melalui penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding, Red) bersama Kejari," sambung Wali Kota.

Harapan beliau dengan adanya kerja sama tersebut, setidaknya terdapat ultimatum bagi para pelaku usaha yang diharapkan tidak lagi melakukan penunggakan pajak. Kalaupun masih ditemukan hal yang demikian, dimohon untuk agar segera dibayarkan. Sebab jika telah melanggar, maka akan dapat berhadapan dengan pihak yang berwenang untuk dilakukan tindakan hukum.

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Pemerintah Kota Samarinda
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda


Jl. Basuki Rahmat, Pelabuhan, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75112

Telp: 0541-203785
Email: dprd@samarindakota.go.id
https://dprd.samarindakota.go.id