PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda

Jl. Basuki Rahmat, Pelabuhan, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75112

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

Webmail    Kontak Kami    E-Panel

Rapat Hearing dengan Mitra Kerja Komisi II Bersama DISPERKIM, DISHUB, serta PLN

Kabar DPRD    2 minggu yang lalu   
Andi Rizky Putra Pratama    18 Kali

Sumber Foto: Reza

SAMARINDA.  Senin siang (12/07/2021), Komisi II DPRD Kota Samarinda mengadakan Rapat Hearing dengan Mitra Kerja Komisi II mengenai Penerangan Jalan Umum (PJU) dan PPJU Non PLN. Pada Rapat ini Komisi II DPRD Kota Samarinda juga mengundang DISPERKIM, DISHUB, serta PLN wilayah Kota Samarinda. Rapat ini dilaksanakan pada Ruang Rapat Utama di Gedung DPRD Kota Samarinda. 

Komisi II DPRD Kota Samarinda menyampaikan kepada beberapa OPD yang hadir agar dapat menyampaikan mengenai hasil laporan tentang PJU. DISPERKIM pun menyampaikan bahwasanya mereka telah merealisasikan PJU pada beberapa ruas jalan di Kota Samarinda, tetapi mereka mengeluhkan mengenai kurangnya biaya serta sarana pra-sarana seperti mobil operasional dalam hal perawatan dan realisasi PJU. Mereka meminta agar Komisi II DPRD Kota Samarinda dapat membantu dari beberapa keluhan dan kekurangan yang mereka utarakan tersebut. 

Sedangkan dari pihak DISHUB menyampaikan dalam hal PJU, mereka juga mengeluhkan kurangnya dana yang didapatkan untuk merealisasikan beberapa penerangan jalan di Kota Samarinda dan juga biaya yang dikeluarkan untuk membayar tagihan listrik pada PLN. Disamping itu, mereka juga menyebutkan penerangan pada beberapa ruas jalan di Kota Samarinda terutama pada wilayah Jembatan Kembar/Mahakam IV sering mengalami kerusakan. Meski telah dilengkapi dengan CCTV, CCTV tersebut hanya terdapat pada persimpangan jalan saja, sedangkan jaringan kelistrikan terdapat pada seluruh badan jembatan. Hal tersebut menyebabkan jika terdapat oknum yang bertanggung jawab yang telah merusak/menghilangkan perangkat kelistrikan jembatan tidak akan terlihat oleh CCTV. 

Komisi II DPRD Kota Samarinda menyampaikan bahwasanya masih terdapat beberapa tiang-tiang lampu jalan yang sifatnya ilegal karena tiang-tiang tersebut didirikan dan dibangun oleh masyarakat setempat dan bukan dari pemerintah. Dalam hal ini DISPERKIM menyampaikan bahwa mereka akan membantu untuk dapat melegalkan atau melakukan "pemutihan" dari tiang-tiang yang didirikan dan dibangun oleh masyarakat. Hal ini dilakukan demi kemudahan dalam terjalinnya kepentingan masyarakat setempat akan kebutuhan penerangan lampu jalan. DISPERKIM juga menyampaikan kepada PLN agar tiang-tiang yang bersifat ilegal dapat mendapatkan insentif atau peringanan dari biaya pembayaran listrik karena tiang-tiang tersebut akan mendapat "pemutihan". 

Mengenai mobil operasional Komisi II DPRD Kota Samarinda pun memberi masukan kepada pihak PLN dan DISHUB agar dapat sharing/berbagi sarana pra-sarana terutama dalam hal mobil operasional. Hal ini diharapkan terjalinnya kerja sama antara DISHUB, PLN  dan DISPERKIM terutama dalam hal PJU. Mereka juga menambahkan hal tersebut dilakukan demi menekan atau menghemat anggaran mengingat dimasa pandemi ini perekonomian Indonesia kurang stabil. 

Komisi II DPRD Kota Samarinda juga memberi masukan mengenai lampu-lampu hias. Mereka sangat menyayangkan akan fungsionalitas lampu hias yang terdapat di beberapa bagian Kota Samarinda. Ibu Hj. Laila dari Komisi II DPRD Kota Samarinda memberikan masukan bahwa listrik dari lampu hias tersebut dapat dialihkan ke beberapa jalan di Kota Samarinda yang belum mendapatkan penerangan jalan terutama pada wilayah yang padat penduduk. 

Ketua Komisi II DPRD Kota Samarinda juga menambahkan kepada ketiga OPD tersebut agar dapat memperhatikan penerangan beberapa jalan yang selalu dilewati oleh kendaraan alat berat. Hal ini diminta demi keamanan para pengguna jalan yang melewati jalan tersebut mengingat telah terjadi beberapa lakalantas yang bahkan sampai memakan korban jiwa.


TINGGALKAN KOMENTAR

Pemerintah Kota Samarinda
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda


Jl. Basuki Rahmat, Pelabuhan, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75112

Telp: 0541-203785
Email: dprd@samarindakota.go.id
https://dprd.samarindakota.go.id