PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda

Jl. Basuki Rahmat, Pelabuhan, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75112

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

Webmail    Kontak Kami    E-Panel

Kick Off Meeting Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kota Samarinda 2025-2045

Kabar DPRD    8 bulan yang lalu   
Ferry Syah    263 Kali

Sumber Foto: Ferry Syahfiary

Kick Off Meeting Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kota Samarinda 2025-2045

Samarinda, Senin, 4 September 2023 - Kota Samarinda memulai langkah penting dalam perjalanan menuju masa depan yang lebih baik dengan menggelar acara kick-off meeting untuk penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045. Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Wali Kota Samarinda, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkopimda) yang didalam nya juga terdapat Ketua DPRD Kota Samarinda, para Ketua Komisi DPRD Kota Samarinda, Tim TWAP, Staf Ahli, Sekretaris Daerah (Sekda), seluruh Asisten, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan para Camat.

Dalam sambutannya, Wali Kota Samarinda, DR. H. Andi Harun, menyampaikan rasa syukur atas hadirnya para undangan dalam acara yang memiliki signifikansi besar ini. Ia menggarisbawahi pentingnya penyusunan RPJPD sebagai landasan perencanaan pembangunan jangka panjang kota, yang akan membentuk arah pembangunan hingga tahun 2045.

Proses penyusunan RPJPD ini akan terdiri dari beberapa tahap utama. Tahap pertama adalah penyusunan rancangan awal, yang dimulai pada tahun 2023. Tahap ini akan diikuti oleh pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) pada tahun 2024 dan akhirnya penyusunan rancangan akhir RPJPD yang ditargetkan selesai pada tahun 2025.

RPJPD Kota Samarinda tahun 2025-2045 memiliki peran yang sangat penting dalam mengarahkan rencana strategis, termasuk alokasi anggaran dan program kerja di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta unit organisasi di dalamnya. Dokumen ini juga akan menjadi panduan dalam mencapai visi dan cita-cita kota untuk dua dekade ke depan, dengan didasarkan pada data dan analisis yang akurat.

Wali Kota Samarinda menggarisbawahi pentingnya kerja sama dan kolaborasi antara pemerintah dan berbagai pihak dalam mendukung pembangunan dan pelayanan publik yang lebih baik. Ia juga menyoroti beberapa isu krusial yang perlu menjadi perhatian bersama, termasuk peningkatan pertumbuhan ekonomi, menjaga inflasi tetap terkendali, mengatasi masalah kemiskinan, dan menghadapi tantangan stunting (kondisi gagal pertumbuhan anak).

Dalam konteks sejarah, Wali Kota Samarinda mengingatkan pentingnya imajinasi dalam menghadapi perubahan dan perkembangan Indonesia. Ia merujuk pada tiga fase sejarah - fase kemerdekaan, fase orde lama, dan fase orde baru - yang semuanya ditandai oleh inovasi dan transformasi yang diperlukan untuk mewujudkan kemajuan.

Wali Kota juga menekankan perlunya konsistensi dan kesinambungan dalam perencanaan pembangunan serta mengharapkan dukungan penuh dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan lembaga-lembaga terkait dalam mengevaluasi dan memastikan pelaksanaan rencana pembangunan ini berjalan sesuai dengan rencana.

Acara kick-off ini diharapkan akan menghasilkan langkah-langkah konkret yang akan mendukung pembangunan Kota Samarinda menuju masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan hingga tahun 2045. (FerrySyah/Humas/DPRD)


TINGGALKAN KOMENTAR

Pemerintah Kota Samarinda
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda


Jl. Basuki Rahmat, Pelabuhan, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75112

Telp: 0541-203785
Email: dprd@samarindakota.go.id
https://dprd.samarindakota.go.id