PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda

Jl. Basuki Rahmat, Pelabuhan, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75112

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

Webmail    Kontak Kami    E-Panel

Rapat Banggar DPRD Kota Samarinda dan TAPD Bahas Rancangan PPAS 2024

Kabar DPRD    9 bulan yang lalu   
Ferry Syah    203 Kali

Sumber Foto: Ferry Syahfiary

Samarinda, Jumat, 4 Agustus 2023 pukul 10.00 Wita, Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Samarinda digelar bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Samarinda di Ruang Rapat Sidang Utama lantai 2 DPRD Kota Samarinda. Rapat ini bertujuan untuk membahas Pendapatan dan Belanja dalam Rancangan PPAS Tahun 2024.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda, Drs Rusdi, tampak hadir pula Wakil Ketua Subandi SE, M.Ap., serta para Anggota Banggar DPRD Kota Samarinda. Di samping itu, hadir juga sejumlah unsur Pimpinan dan anggota dari DPRD Kota Samarinda, serta perwakilan dari TAPD, Asisten III Sekretaris Daerah Ali Fitri Noor, dan Kepala BPKAD Ibrohim, beserta jajaran TAPD lainnya.

Agenda rapat Banggar DPRD Kota Samarinda kali ini adalah membahas Rancangan PPAS Tahun 2024. Sebagai bagian dari proses anggaran, rapat ini menjadi momen penting untuk menyusun perencanaan dan alokasi anggaran yang tepat guna menjalankan program-program pembangunan Kota Samarinda di tahun mendatang.

Menariknya, dalam rapat ini juga terdapat beberapa pernyataan dari anggota DPRD Kota Samarinda. Anggota Banggar, Anhar, menekankan pentingnya sinkronisasi antara hasil reses para anggota DPRD dalam menyerap aspirasi masyarakat dengan program pembangunan yang sedang dikerjakan oleh Pemerintah Kota Samarinda. Hal ini dianggap sebagai upaya untuk memastikan bahwa kebijakan anggaran yang diambil dapat sejalan dengan kebutuhan riil masyarakat.

Salah satu perwakilan dari anggota DPRD, Damayanti, menyambut gembira peningkatan 20% Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota Samarinda. Namun, ia menekankan pentingnya tidak terlalu fokus pada pembangunan infrastruktur semata. Lebih banyak perhatian harus diberikan pada pembangunan sumber daya manusia, terutama di sektor pendidikan, seperti memperbaiki dan membangun sekolah-sekolah serta meningkatkan kesejahteraan para guru di Kota Samarinda. Ia juga menyampaikan perhatiannya terhadap penanganan anak jalanan (Anjal) dan menyoroti ide Pemerintah Kota Samarinda untuk membangun rumah kreatif guna mendorong pengembangan potensi anak-anak jalanan agar ditindak lanjuti .

Subandi, wakil ketua DPRD Kota Samarinda, turut menyuarakan pentingnya asas pemerataan dalam pembangunan sekolah. Ia mendukung program Walikota yang bertujuan menjadikan Samarinda sebagai kota peradaban. Ia juga menyoroti isu kebersihan dan mengimbau agar diberikan sanksi tegas kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, Subandi juga prihatin atas kondisi jalan ringroad (lok bahu) yang menjadi tempat tumpukan sampah.

Kepala BPKAD Ibrohim, menegaskan pentingnya infrastruktur untuk pengendalian banjir, termasuk proyek perbaikan jalan dan drainase multiyear. Ia juga menyoroti prioritas perbaikan dan peningkatan sekolah yang tertinggal, serta rencana membangun sekolah internasional sebagai pilot project. Kolam retensi dan pengendalian lalu lintas juga menjadi perhatian utama. 

Asisten III Ali Fitri, menyatakan komitmen untuk segera membenahi kebersihan kota dengan berkoordinasi secara khusus bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang baru, yang akan membawa inovasi baru dalam penanganan masalah lingkungan.

Rapat Banggar DPRD Kota Samarinda yang berlangsung selama dua jam berjalan dengan lancar dan berkesinambungan. Acara ini ditutup pada pukul 12.00 Wita setelah mencapai hasil yang konstruktif untuk perencanaan anggaran di tahun mendatang. ( FS/DS/Humpro/DPRD/2023 )


TINGGALKAN KOMENTAR

Pemerintah Kota Samarinda
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda


Jl. Basuki Rahmat, Pelabuhan, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75112

Telp: 0541-203785
Email: dprd@samarindakota.go.id
https://dprd.samarindakota.go.id