PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda

Jl. Basuki Rahmat, Pelabuhan, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75112

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

Webmail    Kontak Kami    E-Panel

Seminar Kemitraan Usaha

Kabar DPRD    4 bulan yang lalu   
Ferry Syah    410 Kali

Sumber Foto: Anita

Komisi II DPRD Kota Samarinda Diundang seminar kemitra usaha akses promosi dan pemasaran bagi produk usaha mikro kota samarinda pada hari senin, 11 desember 2023 pada jam 09.00 wita pagi hari . 

Acara ini di hadiri oleh wakil ketua komisi II DPRD Kota Samarinda Fahruddin, S.Hut, M.AP, Sekretaris Kota Samarinda, Dinas Perdagangan dan beberapa undangan serta beberapa umkm di kota Samarinda

Pemerintah Kota Samarinda terus mendorong dan  mengembangkan berbagai pola kemitraan usaha, antara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM), dengan usaha skala besar.

"Upaya membangun ekosistem kewirausahaan bagi masyarakat dipandang sebagai langkah penting untuk membangun perekonomian yang lebih kuat di masa mendatang. Bonus demografi menjadi kesempatan yang baik bagi sebuah negara. Ketika jumlah penduduk usia produktif meningkat, maka jumlah potensial tenaga kerja dalam suatu perekonomian juga akan meningkat," Kata sekretaris daerah kota samarinda Ir Hero Mardanus Satyawan MT. 

Hero mengatakan, dengan akan adanya bonus demografis dalam periode lima hingga sepuluh tahun ke depan, Indonesia termasuk Kota Samarinda di haruskan mencari peluang membangun ekosistem kewirausahaan, guna mengoptimalkan pemanfaatan potensi demografi tersebut.

Para pekerja ini, lanjut Hero, akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi, menghasilkan pendapatan dan menggerakkan perekonomian dengan pengeluaran belanja yang dilakukan. Namun, bonus demografi lawannya adalah beban populasi.
Menurutnya, pemberdayaan UMKM melalui kemitraan Usaha dengan hotel-hotel dan retail serta OPD yang ada di Kota Samarinda untuk memperluas akses promosi dan pemasaran produk UMKM harus didorong semaksimal mungkin. Jika kendalanya terdapat pada permodalan, maka Pemerintah Kota Samarinda memiliki program Kredit bertuah. (An/Kom2/DPRD)

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Pemerintah Kota Samarinda
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda


Jl. Basuki Rahmat, Pelabuhan, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75112

Telp: 0541-203785
Email: dprd@samarindakota.go.id
https://dprd.samarindakota.go.id